Pengertian, Jenis dan Gejala gejala Penyakit TBC | Kesehatan

Pengertian Penyakit TBC

KlatenNews.com – Penyakit TBC adalah suatu penyakit yang bisa dikatakan berbahaya dan mematikan, dan penyakit ini di sebabkan oleh kuman Mycobacterium Tuberculosis. Dan perlu anda ketahui bahwasanya penderita penyakit TBC sangat banyak di Indonesia, Mungkin pengidah sudah mencapai  429ribu orang dan penyakit TBC ini menyerang pada masa produktif.

Penyakit TBC jika tidak diobati maka akan merusak paru-paru. Dan jika ini sudah terjadi maka akan membuat oksigen yang masuk ke paru2 sangat sedikit dan ini akan melemahkan tubuh si penderita dan alhasi si penderita TBC inipun dapat meninggal.

Jenis Penyakit TBC

Penyakit TBC ada tiga jenis  yaitu

  1. basil TBC manusia,
  2. basil TBC sapi
  3. basil TBC burung.

Dari ketiga jenis TBC di atas tenyata manusia dapat tertular dari jenis TBC manusia atau basil TBC sapi. Penyakit TBC ini masuk ke dalam tubuh manusia bersama-sama udara yang dihirup, TBC yang tertular awalnya ringan akan tetapi seiring berjalanya waktu maka Penyakit TBC ini dapat berkembang menjadi ganas.

Gejala gejala Penyakit TBC

Pada awalnya penulara penyakit TBC ini tidak begitu bisa di deteksi dan jika sudah masuk maka tubuh mengadakan perlawanan terhadap luka yang disebabkan oleh TBC. Kadang-kadang penyakit TBC yang dianggap sudah sembuh akan tetapi suatu saat Penyakit TBC ini dapat kembali di masa yang akan datang.

Berikut ini jenis gejala gejala Penyakit TBC

1. Nyeri dada dan sesak nafas, terjadi bila sakit TBC sudah parah.

2. Nafsu makan turun dikarena intensitas makan menurun, kondisi tubuhmakin melemah dan berat menurun.

3. Demam ringan disertai keluarnya keringat.

4. Batuk berdahak. batuk berdahak lebih dari 3 minggu. Jika sudah parah maka akan di sertai darah.

Itu tadi beberapa hal mengenai TBC, mulai dari Pengertian, Jenis dan Gejala gejala Penyakit TBC, semoga info ini dapat menambah kesadarah anda dalam menjalani hidup sehat dan bersih.

 

Sumber : Schoolhealtnews.com
Editor : Dina Mariana

Tinggalkan Komentar

Rekomendasi :close