Gejala Alergi Sperma Pada Vagina

Alergi Sperma

KlatenNews.comBerhubungan suami istri merupakan aktivitas yang menyehatkan sekaligus menyenangkan. Akan tetapi tidak demikian untuk para wanita penderita alergi sp erma, yang mana ternyata tidak sejarang yang diduga. Gejala Gatal-gatal, bengkak pada vagina dapat muncul usai berhubungan intim.

Posisi sex

Di AS, diperkirakan 20.000 – 40.000 perempuan merasakan hidup dengan alergi sperma. Dan ada sumber yang menyebutkan kurang dari 2% pasangan subur dan 5-25% pasangan tidak subur memiliki masalah dengan alergi sperma.

Sel sperma memang bukan penyebab mutlak reaksi alergi sperma. Adalah cairan pengangkut sperma yang lebih sering terbukti sebagai penyebab alergi ini, sehingga lebih tepat disebut dengan istilah Seminal Plasma Hypersensitivity.

Gejala gatal2 sampai bengkak pada bibir vagina memang sering ditemukan pada penderita alergi yagn pertama kali berhubungan suami istri. Meski jarang terjadi, ada juga yang baru mengalaminya setelah beberapa kali berhubungan intim dengan orang yang sama.

Puasa berhubungan intim selama beberapa waktu dapat juga sering menjadi pemicu alergi ini. Saat mulai berhubungan intim lagi, alergi di vagina bisa muncul begitu saja meski sebelumnya tidak ada riwayat alergi.

Walaupun sering tidak terdeteksi, untuk menghidari alergi ini sebenarnya sangat mudah. Dokter akan memisahkan berbagai komponen penyusun plasma dalam sperma lalu melakukan tes untuk menentukan semua komponen mana yang memicu reaksi alergi sperma.

Cara lain untuk menghindari alergi ini adalah dengan menghindari kontak langsung dari cairan semen yang membawa sperma, dengan menggunakan kondom.

Sumber : Health.detik.com
Editor : Dina Mariana

Tinggalkan Komentar

Rekomendasi :close