Ciri-ciri,Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Batu Ginjal

Cara Mengobati Penyakit Batu Ginjal

KlatenNews.com – Mungkin banyak orang yang mengetahui ciri dan apa itu sebenarnya penyakit batu ginjal.. Pengertian batu ginjal adalah batu yang terbentukpada saluran kencing(pria 70% maupun wanita30%)di karenakan pembentuk batu jalan urine.

Ada juga pengetahuan yang menyebutkan, Batu ginjal adalah suatu keadaan terdapat satu atau lebih batu didalam pelvis atau calyces dari ginjal atau di dalam saluran ureter.

Asal muasal Batu ginjal adalah terbentuknyaoksalat asam urat atau garam-garamnya di dalam ginjal yang mana prosesnya tidak sempurna. Dan Batu-batu ini umumnya terjadibila kadar zat batu ini tinggi dalam urine, maka pemilihan jenis2 makanan dan minuman harus anda beru perhatian lebih.

Dan berikut ini Penyebab batu ginjal:

  1.  Infeksi,
  2. Faktor genetik
  3. Kurang minum
  4.  Kelebihan sekresi hormon paratiroid,
  5. Asidosis pada tubulus ginjal,
  6. Terlalu banyak mempergunakan vitamin D atau terlalu banyak memakan – kalsium.
  7. Peningkatan kadar asam urat (biasanya bersamaan dengan radang persendian),
  8. Kerusakan metabolisme dari beberapa jenis bahan di dalam tubuh
  9. Urine terlalu pekat dan zat-zat yang ada di dalam urine
  10.  membentuk kristal batu
  11. Adanya obstruksi.
Nah dari list penyebab di atas hendaknya bisa memacu anda dalam mengenal berbagai hal yang bisa di hindari, penyakit ginjal ini memang sangat menyiksa juka sudah di derita oleh seseorang.

Dan perlu anda tahu bahwa batu saluran kencing juga dapatterbentuk karena pengobatan(obat2tan) yang tidak berjalan baik dalam proses pencernaan dalam tubuh. Dan jika anda ingin sehat maka anda perlua perlu menjauhkan diri dari hubungan kelamin bebas atau free s3x dalam kehidupan anda.

Dan berikut ini Gejala penyakit  batu ginjal:

  1. Nyeri punggung
  2. Mual dan muntah
  3. Darah di dalam air kemih
  4. Demam dan menggigil
  5. Perut menggelembung

Jika anda mengalami salah satu gejala di atas, anda wajib berhati2 dan segeralah periksa kedokter agar segera dapat penyebuhanya jika sudah kronis maka taruhanya adalah kebebasan kehidupan anda.

Untuk masalah mengindari dan pencegahan penyakit batu ginjal ini anda di haruskan rajin olahraga teratur di karenakan akan lebih mudah pengaliran air kencingkeluar. Dan jangan lupa minum air bersih antara 2-3 liter sehari atau 8 gelas sehari (ukuran sedang).

Semoga artikel ini membantu anda dalam mengtahui Ciri-ciri dan Penyebab terjadinya Penyakit Batu Ginjal. Dan mulai sekaran biasakanlah dan luangkanlah sedikit waktu untuk oleh raga.

 

Sumber : Schoolhealtnews
Editor : Dina Mariana

Tinggalkan Komentar

Rekomendasi :close