Bahaya dan Tanda-Tanda Anak Balita Terkena Cacingan

Cacingan Pada Anak Balita

Anak CacinganKlatenNews.com – Cacingan pada anak memang sulit sekali di elakan, di karenakan anak sering sekali belum memahami arti kebersihan diri dan lingkungan. Bukan hanya Anak saja yang rawan menderita akan tetapi orang dewasa sering menderita penyakit ini.

Yang paling utama dalam terjangkitnya cacingan pada anak dan orang dewasa adalah, anak-anak masih dalam proses tumbuhkembang, sedang orang dewasa sudah tidak lagi tumbuh dan berkembang.

Orang dewasa juga masih bisa survive dan tentu saja dapat melawan sendiri cacing yang ada.

Sekitar 60 sampai 80 %penyakit yang terjadi pada orangdewasa dimulai di usia remaja atau masih ABG. Contohnya sering terjadi anemia kronis dan ini akibat cacingan di karenakan cacing dalam tubuh dapat membuat jumlah sel otak berkurang karena kekurangan nutrisi selama masa tumbuh kembang.

Para ibu yang mempunyai anak hendaklah mengenali beberapa gejala awal terjadinya penyakit cacingan.

Dan berikut ini ciri-ciri penyakit cacingan pada anak dan orang dewasa:

  1. Nyeri di perut. Cacingan juga dapat menimbulkan sakit perut yang dapat menyebabkan diare.
  2. Berat badan rendah karena kekurangan gizi. Sebab, nutrisi yang seharusnya diserap oleh tubuh juga menjadi makanan cacing.
  3. Lesu dan lemas akibat kurang darah (anemia). Disebabkan oleh cacing tambang, membuat tubuh menjadi lemas kekurangan darah karena dihisap cacing.
  4. Batuk tak sembuh-sembuh. Ini akibat cacing dapat hidup di paru-paru sehingga menyebabkan batuk yang tak sembuh-sembuh.

Nah, sekarang anda sudah tahu kan jenis tanda gejala cacingan dan anda harus menerapkan perilaku hidup sehat di karenakan hanya itulah yang dapat meminimalkan seseorang terjangkit cacingan.

Dan berikut ini cacing-cacing parasit yang merugikan pagi manusia :
1.Cacing kremi

Cacing kremi atau cacing kerawit  adalah cacing yang paling sering menyerang balita dan anak-anak, cacing ini sangat merugikan di karenakan cacing ini akan terus memakan dan mencuri nutrisi dari sumbermakana dari usus. Cacing Kremi ini juga sangat mudah menular dari berbagai sumber.

2.Cacing Pita

Cacing pita terkandung dalam daging babi dan tak jarang di sapi juga ada. Cacing Pita berbentuk pipih panjang seperti pita dan sangat sulit mati. Cacing pita ini biasanya akan menginfeksi organ lain seperti otot, kulit, jantung, mata otak.

3. Cacing gelang

Cacing gelang salah satu cacing yang berukuran besar, sangat mudah menjangkitai manusia ataupun binatang. Cacing gelang mempunyai ciri2 menyerupai cacing tanah akan tetapi cacing ini hidup dan berkembang di usus dan juga dapat berpindah2 ke organ lainya.

Demikian tadi sedikit pengetahuan mengenai Gejala dan bahaya cacingan pada anak dan orang dewasa, semoga menambah keperdulian anda dalam bidang kesehatan.

 

Sumber : Schoolhealthnews
Editor    : Dina Mariana

 

Tinggalkan Komentar

10 Komentar
Komentar Anda
  1. chika says:

    kenapa ya saya makannya kuat tapi ngga juga berisih badan saya umur saya sekarang 18 tahun apakah sesudah minum obat cacing .. bisa berisi badan saya

    • admin says:

      selain mengonsumsi obat cacing, diharapkan menambah asupan protein untuk tubuh dan perbanyak tidur

  2. Nama..ria says:

    ank sy umur 21bln,minggu kmren dia diare&susah makan,stlh sembuh diareny,dia lahap bgt mkany&g braturan,susuny pun jg tmbh kuat.tiap hbs mkn perut msti buncit,tp hbs BAB kempes lg,apa itu gejala cacingan jg?trz obt cacing pa yg baik u/ ankq.prnh q cb beli keapotik,tp ktny obt cacing hny untuk ank umur 2thn keatas,apa bner gtu?tlg djwb ya thanks

  3. nado88 says:

    anak perempuan saya baru berumur 1tahun 8 bulan…sejak umur 1 th sangat sulit dan ga mau dikasih makan cereal,bubur,ataupun nasi.. dia lebih cenderung senang dengan makanan jung food,atau jajanan warung umum nya. bahkan 2 mggu belakangan ini dia sering sekali kedip kedipkan mata nya. yang mau saya tanyakan,apakah itu jg gejala/tanda tanda cacingan bu? dan saya minta solusi utk mengatasi hal yg terjadi pada anak saya tsb.

    sebelum sesudah nya saya ucapkan terimakasih atas jawaban nya.

    • admin says:

      ada baiknya anak di beri obat cacing setiap 3 bulan sekali, entah anak itu cacingan atua tidak. dan untuk mengatasi anak anda jajanan, anda harus sering memberi peringatan dan juga nasihat bahwa makanan di luar itu tidak sehat dengan cara memberi gambaran dan juga video mengenai bahaya jika memakan makanan tersebut.

  4. heny says:

    anak saya perempuan berumur 2 tahun 5 bulan,,,
    sejak beberapa minggu anak sya susah makan,,,adakah kemungkinan terkena cacingan? kemudian adakah obt cacingan yg disrankan?

  5. windarti antoni says:

    anak saya perempuan umur 13 bln.tiap bulannya tdk byk naik BB nya sekitar 2 ons smp 8 ons.dan saat ini BB nya 7,8 kg.mknnya cukup,lincah, ceria.nh apakah dg BB segitu anak saya mempunyai tanda2 cacingan?thanx

    • admin says:

      anak yang lincah bukan berarti bebas cacingan, ada kemungkinan anak ibu winda terkenan cacingan dilihat dari pertumbuhan BB. Ada baiknya itu memberi obat cacing agar nutrisi si kecil tidak di rampas.

Rekomendasi :close