Cara Mengawetkan Makanan Tanpa Formalin, Rekomendasi BPOM

KlatenNews – Formalin hingga kini masih di gunakan banyak pedagang tidak bertanggung jawab untuk mengawetkan makanan, anda wajib waspada dengan bahan pengawet mayat ini karena sangat fatal jika di konsumsi secara terus-menerus. Mengawetkan makanan secara alami tanpa menggunakan formalin sangat mudah, dan berikut ini kutipan dari BPOM.

makanan-sehat

“Penggantian bahan pengawet dengan cara lain itu ada, tetapi itu tidak sesederhana itu. Contohnya pengganti formalin. Pangan bisa lebih awet kalau higienis sanitasi dilakukan, lebih bersih, tidak terkontaminasi, karena formalin itu kan cemaran, mikroba. Jadi setelah harus bersih juga ada rantai dingin atau disimpan di suhu dingin, pasar-pasar kita kan hampir tidak ada itu,” ujar Roy Sparringa, di kantor BPOM, pada Sabtu (28/9/2013).

Pihaknya mengungkapkan bahwa hal ini merupakan cobaan tersendiri untuk BPOM untuk memberi pembekalan kepada produsen di pasar agar mereka mempunyai mesin pendingin untuk mengawetkan. Akan tetapi kebanyakan orang tidak dapat membeli mesin pendingin di karenakan harganya yang mahal.

“Tetapi untuk pangan olahan ada memang ada pengawet-pengawet tertentu tergantung ph-nya. Contohnya benzoat cocok untuk ph rendah. Tapi kalao ph 5 atau 6 itu probionat,” kata Roy.

“Misalnya ada pangan yang kalau suhu PH-nya netral dikasih benzoat tidak akan efektif. Tidak ada upaya dari mereka untuk mengatur suhu, sehingga mereka tambah benzoat dalam jumlah berlebih. Begitu juga penggunaan sodium sebegai pengganti boraks, harus dilihat kandungan yang pastinya, pati jenis apa sehingga formulanya berbeda,” tuturnya.

Badan POM hingga kini kesulitan untuk menyampaikan kepada masyarakat, di karnakan banyak yang mengeluah harga mesin pendingin terlalu mahal.

Tinggalkan Komentar

Rekomendasi :close