Pengertian, Gejala dan Penyembuhan Penyakit Malaria

Penyakit Malaria

KlatenNews.com - Penyakit Malaria adalah penyakit bawaan yang disebabkan oleh parasit protozoa. Penyakit Malaria meluas di kawasan tropika maupun subtropika, termasuk sebahagian dari Amerika, Asia, dan Afrika. Setiap tahun Penyakit Malaria dapat menyebabkan lebih dari 650 juta orang dan bisa membunuh 1-3 juta jiwa, Dan perlu anda ketahui kebanyakan korban adalah kanak-kanak

Penyakit Malaria merupakan salah satu penyakit yang menular. Penyakit Malaria disebabkan oleh parasit protozoa dari genusPlasmodium. Penyakit Malaria yang paling bahaya dapat di sebabkan oleh Plasmodium falciparum dan Plasmodium vivax.

Penyebab Penyakit Malaria

Salah satu penyebab penyakit malaria adalah parasit Plasmodium yang terdapat di nyamuk Anopheles. Dan berikut ini empat type plasmodium yang dapat meng-infeksi manusia:

  • Plasmodium ovale
  • Plasmodium malariae
  • Plasmodium falciparum
  • Plasmodium vivax

Tanda dan Gejala Penyakit Malaria

Penyakit malaria ada 2 jenis ringan dan berat. Dan berikut ini masing-masing tanda gan gejalanya

Gejala Penyakit Malaria Ringan

  1. Stadium dingin
  2. Stadium demam
  3. Stadium berkeringat

Gejala Penyakit Malaria Berat

  1. Tanda-tanda dehidrasi
  2. Nafas cepat atau sesak nafas
  3. Gangguan kesadaran dalam berbagai derajat
  4. Keadaan umum yang sangat lemah
  5. Kejang-kejang
  6. Panas sangat tinggi
  7. Mata atau tubuh kuning

Mencegah Penyakit Malaria

Pencegahan penyakit malaria dapat di cegah dengan cara menjaga kebersihan lingkungan dan pembersihan Sarang Nyamuk di sekitar tempat kita tinggal, serta usahankan menghindarkan diri dari gigitan nyamuk, atau upaya pencegahan dengan pemberian obat Chloroquine bila mengunjungi daerah yang tergolong endemik malaria.

Dan usahakan memelihara ikan pada air yang tergenang, seperti kolam, sawah dan parit. Atau dengan memberi sedikit minyak pada air yang tergenang.

Editor : Dina Mariana
Sumber : Berbagai Sumber

Tinggalkan Komentar

Rekomendasi :close