Pengertian, Ciri, Gejala dan Penyebab Penyakit Campak

Pengertian Penyakit Campak

KlatenNews.com – Definisi dan pengertian Penyakit Campak adalah infeksi virus yang sangat menular dan penyakit capak memiliki gejala yang dapat ditandai dengan demam, batuk, konjungtivitis dan ruam pada kulit.

Dan biasanya penyakit campak ini menyerang anak-akak dan memang sulit di hindarkan, di karenakan sistem imun anak yang terbilang lebih lemah dari orang dewasa.

Ciri dan Gejala Penyakit Campak

Biasanya penyakit capak dapat di lihat sebelum menjadi parah, sehingga anda dapat bersiap untuk mengobatinya. Biasanya gejala penyakit campak ini mulai timbul dalam waktu 7-14 hari setelah terinfeksi.

Setelah itu 2-4 hari kemudian muncul bintik putih kecil di mulut bagian dalam . Dan tampak kemerahan di kulit yang terasa agak gatal muncul 3-5 hari setelah timbulnya gejala diatas. Pada awalnya ruam atau bintik merah tampak di wajah, yaitu di depan dan di bawah telinga serta di leher sebelah samping.

Nah Dalam waktu 1 sampai 2 hari, ruam menyebar ke batang tubuh, lengan dan kaki, sedangkan bintik merah di wajah mulai memudar. Biasanya puncak penyakit campak ini suhu tubuhnya mencapai 40° Celsius. 3-5 hari kemudian suhu tubuhnya turun, penderita mulai merasa baik dan ruam yang tersisa segera menghilang.

Penyebab Penyakit Campak

Anda sebaga orang tua pantas tahu akan penyebab penyakit campak agar anda dapat sedini mungkin menghindari penyakit campak menyerang anak anda, dan biasanya Penyakit Campak di sebabkan oleh virus campak atau paramiksovirus.

Penularan penyakit campak sendiri terjadi melalui percikan ludah dari hidung, mulut maupun tenggorokan penderita campak. Perlu anda ketahui Kekebalan terhadap penyakit campak diperoleh setelah vaksinasi, infeksi aktif dan kekebalan pasif pada seorang bayi yang lahir ibu yang telah kebal (berlangsung 1th).

Pencegahan Penyakit Campak

Penyakit capak memang sangat mengkhawatirkan bila menyerang anak, akan tetapi tenang, berikut kumpulan tips pencegahan penyakit campak:

  1. Pastikan anak anda diberi Catch-up immunization (anak sekolah dasar kelas 1-6, disertai dengan keep up dan strengthening)
  2. Berikan vitamin A (Imunisasi campak PPI : pada umur 9 bulan)
  3. Berikan Vaksin campak merupakan bagian dari imunisasi rutin pada anak-anak (disuntikkan pada otot paha atau lengan atas)
  4. Ikuti imunisasi campak

Itu tadi info mengenai penyakit campak, dan semoga artikel Pengertian, Ciri, Gejala dan Penyebab Penyakit Campak ini menambah pengetahuan anda dalam ilmu kesehatan.

 

Editor  : Dina Mariana

Tinggalkan Komentar

8 Komentar
Komentar Anda
  1. Indri says:

    Oh gtu nya jdi pyebab nya si kecil terserang pyaki campak karna ketularan nya ..kasian si kecil qu bru umur 7 bln..mkasih nya inpo nya

  2. Nama... Ully says:

    Makasih infonya,jadi tau akan penyakit campak

  3. Daren says:

    .salam. .pak apkh penykit campak it berbhy? N apkh mash bsa dktkn campak dg smw gejala yg bpk sampaikan tadi ttpi tdk demam?

  4. Efrem Gaho says:

    terima kasih ataz informasinya,tapi boleh gak ditambahkan lagi,cara pengobatannya dan fakta fakta yg terjadi pada penyakit ini?

  5. jaidin says:

    Sbgai abdi negara,trma abdi dlm masyarakat,ttntunya qt hrs berpartisipasi dlm meujudkan kesehatan bangsa

  6. jaidin says:

    Di tambah lg dgn ciri khas dari campak, dan pengobatany,kemudian gambar dari ruam,bintik2 yg timbul pada tubuh pasien

Rekomendasi :close