Definisi, Gejala ,Ciri dan Penyembuhan Penyakit Kuning

Penyakit Kuning

KlatenNews.com - Penyakit kuning memang jarang mewabah dan memang jarang sekali di jumpai, akan tetapi tidak sedikit orang yang terkena penyakit kuning ini, dan perlu anda ketahui bahwa penyakit ini biasanya menyerang organ tubuh hati atau liver.

Perlu diketahui tidak semua penyakit kuning di sebabkan oleh peradangan hati dan tidak semua peradangan hati menyebakan penyakit kuning. Penyakit kuning sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu, yaitu pada abad V sebelum masehi.

Gejala dan ciri Penyakit kuning

Gejala penyakit kuning terlihat oleh mata yakni dengan adanya perubahan pada warna kulit tubuh dan warnaputih mata yang terlihat kekuningan. Ini disebabkan oleh kandungan bilirubin dalam tubuh melebihi kapasitas normal. Gangguan inilah yang menyebabkan penyakit kuning yang ditandaiperubahan warna kulit tubuh berwarna kuning termasuk bagian putih mata.

Penyebab Penyakit Kuning

Hati memiliki fungsi mendetoksifikasi bahan kimia dan hasil metabolisme dalam tubuh. Hati mengeluarkan cairan empedu yang dipergunakan lagi olehtubuh untuk pembentukan sel darah baru. Sementara cairan empedu yang sudah tidak terpakai lagi,akan dibuang melalui ginjal dan usus halus. Hati membuat protein bagi pembekuandarah dan fungsi-fungsi lainnya,seperti menyimpan vitamin dan mineral (vitamin A,D,K,dan B12).

Penyembuhann Penyakit Kuning

Sebaiknya jika seorang terkena penyakit kuning mengkonsumsi obat tradisional dalam penyembuhanya, dan berikut ini beberapa ramuan obat tradisional yang bisa dicoba untuk mengobati penyakit kuning

  1. Akar kenanga, akar kunyit dan akar terung pipit di masak lalu airnya diminum(tambah sedikit serai wangi).
  2. 15 gr daun sendok, ditambah 6gr kulit jeruk mandarin, 6 butir angco, 10 gr Kunyit, 25 gr daun serut, dan 20 gr akar alang2 direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, Air nya diminum(diminum saat pagi sesudah makan dan malam hari sebelumtidur)
  3. Janur kuning dari pohon kelapa gading, kemudian dibakar hingga menjadi abu. Selanjutnya dicampur dengan sebutir telur ayam kampung(aduk sampai rata) lalu minum(sehari satu kali selama 3hari).
  4. Temulawak di campur dengan Madu atau Gula batu yang di minum sehari 3x. selama itu jangn makan Lemak2, Pedes, Asem, Gorengan, Santen, dan harus banyak minum yang manis2.
  5. Ambil dan cuci 15-30 g daun Picisan, lalu rebus dalam 3gelas air sampai airnya tersisa separonya. Setelah dingin, saring dan siap untuk diminum, sehari 3X, masing-masing 1/2 gelas.

Dan cobalah untuk mengkonsumsi remis (kerang sungai), direbus seperti biasa lalu dimakan seperti biasanya, demikian obat tadisional yang sering di lakukan orang tua sebelum adanya obat kimia.

Dan demikian tadi info tentang semua penyakit kuning mulai dari definisi, gejala, ciri dan penyembuhan penyakit kuning.

Editor : Dina Mariana
Sumber : Berbagai sumber

Tinggalkan Komentar

Rekomendasi :close