Definisi, Ciri Ciri, Penyebab Dan Pencegahan Penyakit Herpes

Definisi Penyakit Herpes zoster

KlatenNews.com – Sebelunya masih ada orang yang bertanya-tanya mengenai penyakit Herpes zoster. Definisi dari Herpes zoster adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang bernama varicella-zoster.

herpes zoster

Nah, Apabila seseorang mengalami penurunan imunitas seluler maka virus tersebut dapat aktif kembali dan menyebar melalui saraf tepi ke kulit sehingga menimbulkan penyakit herpes zoster. Virus penyebab penyakit Herpes zoster ini dapat memperbanyak diri dengan wujud bintil2 kecil berwarna merah, berisi cairan, dan menggembung pada daerah sekitar kulit.

Ciri Ciri Penyakit Herpes zoster

Biasanya penyakit Herpes ini mempunyai ciri ciri yang di tandai dengan adanya kulit melepuh dan terasa sakit pada otot di sekitar daerah yang terjangkit bisa mulut, kulit atau alat kelamin.

Penyebab Penyakit Herpes zoster

Penyebab Penyakit Herpes zoster adalah virus Varicella zoster, yaitu virus yang juga menyebabkan cacar air. Pada virus ini memiliki gejala yaitu timbul gelembung-gelembung kecil, biasanya di daerah punggung, hanya pada satu sisi, dan meliputi daerah persyarafan tertentu.

Penyakit Herpes yang disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1 adalah penyebab umum untuk luka-luka demam (cold sore) di sekeliling mulut. Herpes simpleks-2 biasanya menyebabkan herpes kelamin.

Dan perlu anda ketahui biasanya Penyakit Herpes ini berpotensi menyebabkan kematian pada bayi yang terinfeksi. Bila seorang perempuan mempunyai herpes kelamin aktif disaat melahirkan maka dianjurkan melahirkan dengan bedah caesar.

Pencegahan Penyakit Herpes zoster

Perlu ada ketahui cara mencegahan herper zoster, salah satu cara yang dapat ditempuh adalah pemberian vaksinasi. Mengapa vaksinasi?? yak, Vaksin berfungsi untuk meningkatkan respon spesifik limfosit sitotoksik terhadap virus tersebut pada pasien seropositif usia lanjut.

Vaksin herpes zoster dapat berupa virus herpes zoster yang telah di lemahkan atau komponen selular virus tersebut yangberperan sebagai antigen. Virus yang telah dilemahkan ini jelas terbukti bisa mencegah seseorang terkena penyakit Herpes.

Semoga info mengenai Definisi, Ciri Ciri, Penyebab Dan Pencegahan Penyakit Herpes ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda dalam bidang kesehatan.

 

Editor   : Dina Mariana
Sumber : wikipedia

Tinggalkan Komentar

63 Komentar
Komentar Anda
  1. nur kholis says:

    orang yang melakukan onani (oral sex)bisa terjangkit penyakit herpes juga ? mohon jawaban nya

Rekomendasi :close